Dipabrik def-yoke sudah merupakan pasangan tetap yang distel (istilah teknisnya di “tune”) dengan tepat dengan tabung CRT. Tuning dilakukan dengan menambah dan menempelkan plastik magnetis yang biasa kita lihat saat membuka def yoke. Def-yoke dan kapasitor resonat sudah dikalkulasi dengan tepat pada sirkit horisontal-out. Merubah nilai impedansi def-yoke atau nilai kapasitor tentu ada efeknya.
Jika mengganti def yoke dengan tipe lain maka :
- Usahakan mencari def yoke yang mempunyai nilai resistansi (ohm) yang sama atau hampir sama, untuk kumparan bagian horisontal.
- Sebelum melepas def yoke beri tanda posisi magnet-konvergen yang ada dibelakang def yoke, agar nanti dapat dikembalikan posisinya seperti semula.
- Saat melepas magnet-konvergen sampai merusak/merubah posisi adjustment magnet konvergen yang ada dibelakang def-yoke, karena akan mengakibatkan konvergen cacat. Bagi teknisi yang belum pengalaman, tidaklah mudah untuk meng-adjust magnet konvergen tersebut.
- Dengan yoke baru - maka ada kemungkinan raster kurang lebar atau terlalu lebar.
- Cek hasilnya dengan menyalakan “blue back” (dengan cara melepas antena ataua menggunakan patern generator). Amati apakah seluruh layar bisa berwarna biru semuanya. Jika ada bagian yang fleks maka dapat dihilangkan dengan cara mengatur maju-mundur posisi def yoke.
- Cek hasilnya untuk memeriksa konvergen. Gunakan patern generator dan pilih gambar “cross-hatch” atau “kotak-2”. Amati terutama bagian pinggir-pinggir kira-kanan dan atas bawah layar. Jika garis putih terlihat “pecah” menjadi tiga warna RGB berarti yoke tidak cocok.
Catatan :
Mengganti def-yoke dengan ohm yang jauh lebih kecil sangat riskan, karena dapat menyebabkan tegangan flyback naik yang dapat mengakibatkan :
- Api meloncat dari kop anode atau ada suara pletek-pletek
- Transistor HOT panas atau langsung rusak,
- Memicu protektor X-ray aktip bekerja sehingga pesawat akan mati-mati protek
- Ada resiko tabung CRT cepat rusak dalam jangka waktu pendek karena tegangan tinggi anode over.
********************