Kerusakan (problem) raster gelap
Revisi 00 – Agustus 2010
===================================================================================
Apa yag dimaksud dengan problem raster gelap.
Yang dimaksud disini dengan problem raster gelap atau istilah teknisnya problem video blangking ialah :
01. IC video-chroma tidak mendapat pulsa FBP dari flyback. Pulsa horisontal diberikan dari pin-AFT ke pin-FBP-in pada ic video-chroma. Pulsa ini jika dilihat menggunaka osiloskop besarnya kurang lebih antara sekitar 8v peak-to-peak. jika diukur dengan avo-meter akan menunjukkan tegangan kecil sekitar 0.2v.
Kerusakan dapat disebabkan antara lain karena :
02. Pesawat menggunakan sirkit AKB (IK) pada bagian RGB driver
03. Mikrokontrol-belum bekerja.
04. Kerusakan ic memori.
Pada pesawat yang sudah menggunakan teknologi IC2Bus kerusakan ic memori dapat menyebabkan raster gelap.
05. Tidak ada pulsa Sandcastle (SCP)
Beberapa tipe IC tertentu mempunyai pin SCP-out. Pulsa SCP dibangkitkan pada ic video-chroma dan diberikan ke ic lain misalnya ic 1H-delay. Kerusakan dapat disebabkan karena ada part atau pin-ic yang pada jalur SCP-out short. Umumnya disebabkan karena ic 1H-delay rusak (misal TDA4661/4665)
Contoh : Pulsa SCP-out TDA8366 adalah pin-37.
06. IC video-chroma terkunci pada posisi Video-mute
Periksa apakah pesawat mempunyai sirkit kontrol MUTE dari mikrokontrol ke ic video-chroma, mungkin ada kerusakan part sehingga terkunci terus pada posisi MUTE. Normal tegangan pada kontrol mute adalah nol. Kontrol mute seharusnya hanya bekerja sesaat (ada tegangan hihg) pada waktu tombol chanel ditekan. Hal ini bertujuan untuk menyembunyikan gangguan gambar roboh yang terjadi saat perpindahan chanel.
07. Tidak ada tegangan suply Vcc untuk bagian video-chroma. Kadang suatu ic mempunyai beberapa masukan tegangan suply, misalnya untuk bagian IF, bagian defleksi dan bagian video-chroma.
08. Pada pesawat model lama yang mempunyai sirkit sinyal luminance (Y) dari ic video chroma ke pcb crt soket, kemungkinan dapat disebabkan jalur sinyal ini putus atau ada kerusakan part.
09. Pengalaman 1.
Karena pusing belum juga ketemu penyebabnya karena sudah dicoba dengan mengganti beberapa part. Maka ketika ada pesawat dengan model yang sama, kami kemudian melakukan pemeriksaan bentuk dan tegangan pulsa-pulsa pada ic video-chroma menggunakan osiloskop. Ternyata ada perbedaan besarnya level pulsa FBP dimana pada pesawat yang problem level lebih kecil sedikit. Achirnya setelah diubek problem dapat terselasaikan dengan mengganti tranfo horisontal-drive
10. Pengalaman 2.
Kami diminta membantu seorang teknisi dengan problem raster gelap. Setelah melakukan pemeriksaan, kami menyangka ic video-chroma yang rusak. Tetapi belum sempat mencoba melepas ic, pandangan kami tertarik pada cara pemasangan part tambahan resistor semen utuk menggurangi tarikan awal daya listrik. Resistor tersebut dipasang pada flyback dengan cara di-ikat menggunakan seutas kawat yang dilingkarkan pada inti ferit trafo flyback. Lha .... ini kan menyebabkan flyback seperti di-short-kan. Ikatan kawat kami lepas.... dan pesawat langsung normal.
11. Pesawat dengan ic TA8690A
Dapat disebabkan karena 09. Pengalaman yang jarang terjadi, tetapi pernah kami jumpai
12. Pesawat dengan ic TDA8366
Pulsa sandcastle dari SCP-out pin-37 short. Disebabkan karena ic 1H delay rusak (TDA4665)
***********************************************************************************************************************
Revisi 00 – Agustus 2010
===================================================================================
Apa yag dimaksud dengan problem raster gelap.
Yang dimaksud disini dengan problem raster gelap atau istilah teknisnya problem video blangking ialah :
- Layar gelap tidak mengeluarkan sinar sama sekali.
- Tetapi jika tegangan screen (G2) dibesarkan layar akan nampak hidup polos dan bergaris-garis blangking.
- OSD tidak muncul jika kita coba pencet-pencet tombol front-kontrol.
- Pin RGB-out pada ic video-chroma jika diukur tegangan drops.
01. IC video-chroma tidak mendapat pulsa FBP dari flyback. Pulsa horisontal diberikan dari pin-AFT ke pin-FBP-in pada ic video-chroma. Pulsa ini jika dilihat menggunaka osiloskop besarnya kurang lebih antara sekitar 8v peak-to-peak. jika diukur dengan avo-meter akan menunjukkan tegangan kecil sekitar 0.2v.
Kerusakan dapat disebabkan antara lain karena :
- Solderan atau jalur printed pada pin-AFT kaki flyback retak
- Part pada jalur pulsa dari flyback ke ic video-chroma ada yang rusak atau short ke ground, misalnya diode.
02. Pesawat menggunakan sirkit AKB (IK) pada bagian RGB driver
- Tidak ada umpan balik pulsa AKB dari pcb CRT soket ke ic video-chroma. Periksa mungkin ada kerusakan part, jalur print putus, solderan konektor kendor.
- Adjustmen tegangan screen tidak benar.
- Salah satu katode tabung gambar lemah.
- Baca mengenai Kerusakan sirkit AKB.
03. Mikrokontrol-belum bekerja.
- Periksa dengan remote kontrol apakah pin-POWER dapat dibuat hidup-matikan dimana tegangan dapat berubah high-low jika pesawat dihidup-matikan.
- Problem dapat disebabkan pula karena jalur komunikasi SDA-SCL antara mikrokontrol dengan ic video chroma putus
04. Kerusakan ic memori.
Pada pesawat yang sudah menggunakan teknologi IC2Bus kerusakan ic memori dapat menyebabkan raster gelap.
05. Tidak ada pulsa Sandcastle (SCP)
Beberapa tipe IC tertentu mempunyai pin SCP-out. Pulsa SCP dibangkitkan pada ic video-chroma dan diberikan ke ic lain misalnya ic 1H-delay. Kerusakan dapat disebabkan karena ada part atau pin-ic yang pada jalur SCP-out short. Umumnya disebabkan karena ic 1H-delay rusak (misal TDA4661/4665)
Contoh : Pulsa SCP-out TDA8366 adalah pin-37.
06. IC video-chroma terkunci pada posisi Video-mute
Periksa apakah pesawat mempunyai sirkit kontrol MUTE dari mikrokontrol ke ic video-chroma, mungkin ada kerusakan part sehingga terkunci terus pada posisi MUTE. Normal tegangan pada kontrol mute adalah nol. Kontrol mute seharusnya hanya bekerja sesaat (ada tegangan hihg) pada waktu tombol chanel ditekan. Hal ini bertujuan untuk menyembunyikan gangguan gambar roboh yang terjadi saat perpindahan chanel.
07. Tidak ada tegangan suply Vcc untuk bagian video-chroma. Kadang suatu ic mempunyai beberapa masukan tegangan suply, misalnya untuk bagian IF, bagian defleksi dan bagian video-chroma.
08. Pada pesawat model lama yang mempunyai sirkit sinyal luminance (Y) dari ic video chroma ke pcb crt soket, kemungkinan dapat disebabkan jalur sinyal ini putus atau ada kerusakan part.
09. Pengalaman 1.
Karena pusing belum juga ketemu penyebabnya karena sudah dicoba dengan mengganti beberapa part. Maka ketika ada pesawat dengan model yang sama, kami kemudian melakukan pemeriksaan bentuk dan tegangan pulsa-pulsa pada ic video-chroma menggunakan osiloskop. Ternyata ada perbedaan besarnya level pulsa FBP dimana pada pesawat yang problem level lebih kecil sedikit. Achirnya setelah diubek problem dapat terselasaikan dengan mengganti tranfo horisontal-drive
10. Pengalaman 2.
Kami diminta membantu seorang teknisi dengan problem raster gelap. Setelah melakukan pemeriksaan, kami menyangka ic video-chroma yang rusak. Tetapi belum sempat mencoba melepas ic, pandangan kami tertarik pada cara pemasangan part tambahan resistor semen utuk menggurangi tarikan awal daya listrik. Resistor tersebut dipasang pada flyback dengan cara di-ikat menggunakan seutas kawat yang dilingkarkan pada inti ferit trafo flyback. Lha .... ini kan menyebabkan flyback seperti di-short-kan. Ikatan kawat kami lepas.... dan pesawat langsung normal.
11. Pesawat dengan ic TA8690A
Dapat disebabkan karena 09. Pengalaman yang jarang terjadi, tetapi pernah kami jumpai
- Pin-54 (OSD britnes kontrol) tidak ada tegangan. Periksa part-part pada pin tersebut.
- Pin-14 (clamp filter) tidak ada tegangan karena kapasitor pada pin tersebut short
- Jalur sinyal luminace (-Y) dari pin-19 ke pcb crt soket bermasalah.
12. Pesawat dengan ic TDA8366
Pulsa sandcastle dari SCP-out pin-37 short. Disebabkan karena ic 1H delay rusak (TDA4665)
***********************************************************************************************************************