Beranda » Pentingnya memahami Pelayanan-Pelanggan yang baik

Pentingnya memahami Pelayanan-Pelanggan yang baik


Dahulu sewaktu kami masih bekerja pada perusahaan elektronik yang berafiliasi dengan JVC Jepang, paling tidak 2 hingga 3 kali dalam setahun tentu kedatangan trainer ahli dari JVC Singapore Technical Center guna memberikan training atau seminar masalah teknik. Sekali-kali kadang kami justru yang diminta datang ke Singapore. Pada awal-awal kami ditempatkan sebagai staf pada Departement Customer Service, yaitu saat berbincang-bincang  selagi mengantarkan makan malam salah seorang trainer (Mr Nakano namanya),
  • Saya sempat menyatakan kepada beliaunya “Saya ini sebenarnya kadang masih bingung,.......... harus berbuat apa saja sih di customer service ini?”
  • Beliaunya menjawab “ Saya-pun sebenarnya kadang masih begitu”.
Lain waktu ketika beliaunya datang berkunjung ke Indonesia lagi – dia memberikan hadiah kepada kami berupa sebuah buku (dalam bhs Inggris tentunya.....). Judulnya saya lupa.......tapi  isinya membahas mengenai cara memberikan dan arti pentingnya “pelayanan kepada pelanggan” atau "pelayanan kepada konsumen" (wah.... ini tentu karena omongan saya dahulu pikir saya.....). Dalam buku tersebut dijelaskan contoh-contoh cara memberikan pelayanan yang baik pada perusahaan jasa service mobil. Dari sini saya baru “menyadari” bahwa seorang teknisi profesional tidak melulu dibekali dengan pengetahuan teknik saja, tetapi “sangat penting” untuk dibekali cara-cara memberikan pelayanan-pelanggan yang baik dan benar.
Pekerjaan  kita lakukan ( para teknisi bengkel elektronik...) adalah merupakan bisnis pelayanan jasa. Dalam hal ini cara-cara pelayanan-pelanggan yang baik sangat diperlukan demi kelangsungan bisnis j"angka-panjang". Pelayanan-pelanggan yang baik dapat “menjaga” konsumen lama tetap setia atau loyal kepada kita (artinya....... lain kali tetap datang kepada kita). Dan yang lebih penting lagi konsumen loyal ini biasanya kalau "merasa puas" akan bercerita kepada orang lain – artinya konsumen loyal merupakan "iklan gratis" dari mulu kemulut yang akan memperbanyak konsumen lain datang kepada kita. Sebaliknya pelayan pelanggan jang buruk akan membuat konsumen “kapok”. Orang yang kapok ini biasanya akan “banyak menceriterakan" pengalaman buruknya kepada orang lain, sehingga bisnis kita bisa “sepi” jadinya.
Semenjak itu maka teknisi tidak melulu kami bekali  dengan training masalah teknik saja. Setiap kali diselenggarakan training teknik, mereka secara berganti-ganti kami selinggi dengan memberikan training non-teknik dengan cara memanggil pembicara-pembicara ahli dari luar perusahaan dengan materi seperti misalnya :
  • Memahami pentingnya pelayanan pelanggan yang baik
  • Apa manfaat pelayanan pelanggan bagi konsumen-karyawan-perusahaan
  • Bagaimana cara memberikan pelayanan-pelanggan yang baik.
  • Bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar dengan pelanggan secara tatap-muka maupun lewat tilpon
  • Bagaimana cara menghadapi dan menyelesaikan konsumen yang marah atau komplain
  • Bagaimana cara berpakaian – bersikap yang baik dan benar
  • Sopan santun ketika berkunjung kerumah pelanggan
  • Memahami hal-hal apa saja sebenarnya yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan
  • Dan lain-lain yang sifatnya non-teknik
Tidak hanya dengan cara seperti diatas saja yang kami lakukan untuk “menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan”. Kami bahkan pernah “membayar jasa konsultan” agar dapat memberikan pengarahan dan cara “me-management” untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan ini. Juga membuat "video-training" atau semacam film dokumenter pendek untuk memberikan contoh bagaimana seorang teknisi ketika menghadapi seorang konsumen atau datang kerumah konsumen. 

Secara singkat keuntungan-keuntungan dengan memberikan pelayanan pelanggan yang baik antara lain adalah :
  • Konsumen akan setia kembali lagi
  • Konsumen adalah iklan gratis
  • Kelangsungan bisnis jangka panjang terjamin
  • Konsumen yang setia karena sudah percaya - biasanya tidak terlalu rewel
  • Konsumen yang setia karena sudah percaya – biasanya masalah biaya bersedia atau tidak keberatan membayar lebih mahal.
  • Mungkin anda (teknisi) jika masih bujangan “bisa di pek mantu” ( maksud saya diambil menantu.........gitu lhohhhh.........ini guyonan untuk selingan saja lho........)
 
++++++++++++++++++++++++

Labels

AC ADJUSTMENT Advisories Air Conditioner AKARI AKIRA kadang tidak bisa start alarm Apps ARTIKEL atx audio Audio Power Amp Bagian Horisontal BASIC battery charger Bedah Electronic BELTRON ( Belajar Electronica ) BIKIN FOLDER WARNA WARNI biquad BUKA MENU SERVICE TV butuh bantuan nih....... cable checker cara membuka ic mpeg CARA MENGATASI VCD SAMSUNG STANBY CATATAN KECIL ceiling fan control motor 1 fase control motor 3 fase CRT CRT-YOKE-SOKET CRYSTAL CUSTOMER-SERVICE DATA-DATA Default Setting Eprom TV Defleksi DIGITEC-POLYTRON Disassembly Guides DivX DO IT YOUR SELF DVD DVD MATSUNICHI DVD LG model HT762TZ home theater stanby +tidak keluar gambar DVD samsung p-181 standby EEPROM electronic components Elektronic ESR-meter Evaporator FBT FBT-HIGH VOLTAGE Flashfiles Flyback flyback transformer fm Freezer freon fun circuits Gadget gambar cacat pada dvd DAT Gas beracun GEJALA KERUSAKAN GENERATOR gsm software high voltage HORISONTAL hp tx1000 Iklan Gratis INFO Info produk Info Technology Info. Info.Technology Instrument intercom Internet inverter irda jangan buang mpeg rusak jumper ic mpeg vcd yang hilang gambar Keluargaku Kerusakan vertikal tv sharp wonder Knight KOMPONEN kompresor KONKA KULKAS Kursus 60 detik Laptop LCD LCD Repair LDP LED and Light LG hilang gambar Log LUCKY-GOLDSTAR m1-da MEMBUKA TV CHINA YANG TERKUNCI mempercepat open close menambah USB pada MPEG dvd mengatasi dvd yang sering no disc mengganti ic sunplus karena gambar hilang MENU SERVICE CODE Mesin cuci MIKROKONTROL misc Modifikasi monitor monitor CHINA monitor GTC monitor LG Monitor Repair-ASIATECH Monitor Repair-GTC Monitor Repair-Hp Monitor Repair-LG Motor 3 fase Motor spin Motor Washing MP3/MP4/MP5 NO DISC notebook optical mouse Original oscillator PANASONIC Pc utilities pengalaman pribadi PERSAMAAN FLYBACK Pesanan skema PHILIPS pic microchip PIC16F pin tabung crt plasma tv POLYTRON Pompa air Power Inverter power supply POWER-SUPLY PROBLEM NO DISC DAN PROBLEM OPEN CLOSE PADA VCD AUTECH projector PROTEK psu Radio rangkaian control motor RASTER-BLANK Refrigerant Relay MK2P remote controlled repair Repair Guides REPAIR-TIPS ROM SAMSUNG SANYO SCHEMA Schematics servic TV JVC Service Antena Parabola Digital Service Centre Service Listrik Jogja Service Listrik Sleman service menu Service mesin cuci jogja Service mesin cuci Sleman SERVICE MODE Service Mode TV Service pompa air Jogja Service Sound Sistem Mobil Service Televisi Service VCD / DVD ServiceTV Servis Servis Mode servis mode tv cina SHARP SHARP chassis DUNTKE134WE Show Case Skema TV Software SONY sony tidak bisa start lagi SOUND (SUARA) Sparepart spdif sunplus flash programmer SV 220 TCL Technology Teknik Teknisi telephone terkadang bisa tapi 10 detik +/- mati Timer Spin Timer Washing. TIP DAN TRIK Tip's Tips tips and tricks Tips-Trik Tips. Tools TOSHIBA toslink touch switch Transistor transmitter triac Troubleshooting TUNER-VIF tv TV akari TV CHINA TV CINA TV GOLDSTAR TV JVC TV KONKA TV LG TV LG HORIZONTAL SELALU RUSAK TV PANASONIC TV PHILIPS TV POLYTRON Tv Repair-AIWA Tv Repair-AKARI Tv Repair-AKIRA Tv Repair-DETRON Tv Repair-LG/GOLDSTAR Tv Repair-PANASONIC Tv Repair-POLYTRON Tv REPAIR-SAMSUNG Tv Repair-SANYO Tv Repair-SHARP Tv Repair-SONY Tv Repair-TOSHIBA Tv Repair-TV CHINA TV SAMSUNG TV SANKEN TV SANYO TV SHARP tv sony TV TCL TV TOSHIBA universal remote kontrol VERTIKAL vga video VIDEO-CHROMA Warnings Water Heater WD 40 wlan antenna Zic
Diberdayakan oleh Blogger.